RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : MAN AL-AMIN KEBUMEN
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/
Semester : XI/Gasal
Materi
Pokok : Tokoh Ilmuan Muslim pada Masa Dinasti Mughal
Pertemuan
ke : 2
Alokasi
Waktu : 1x20 Menit (1x Pertemuan)
KKM : 75
I.
Standar
Kompetensi
Memahami
perkembangan Islam pada masa Dinasti
Mughal
II.
Kompetensi
dasar
1.
Mengidentifikasi
tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam peradaban Islam pada masa Dinasti Mughal
III.
Indikator
1.1.
Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
1.2.
Siswa
dapat menjelaskan peran ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
1.3.
Siswa
dapat Menjelaskan hikmah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa dinasti mughal.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
menggunakan metode ceramah, diskusi,
tanya jawab diharapkan:
1.
Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
2.
Siswa
dapat menjelaskan peran ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
3.
Siswa
dapat Menjelaskan hikmah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa dinasti mughal.
V.
Karakter
Yang Dibiasakan
Bertanggung
jawab dan kerjasama.
VI.
Materi
Ajar
.Tokoh ilmuan dan perannya pada masa dinasti mughal.
VII.
Metode
dan Strategi Pembelajaran
a.
Metode
:
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
b.
Strategi
: Kelompok Belajar, Poster.
VIII.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Bagian
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Peserta didik
|
Alokasi
Waktu
|
Awal
|
a.
Guru mengucapkan
salam.
b.
Guru memimpin
doa.
c.
Guru melakukan
review pelajaran sebelumnya.
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
a.
Peserta didik
menjawab salam.
b.
Peserta didik
berdoa.
c.
Peserta didik
mendengarkan dan menjawab pertanyaan
guru.
d.
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru.
|
2
menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya
kepada peserta didik
2.
Guru
menjelaskan materi.
3.
Guru memerintah
Peserta didik untuk membentuk kelompok diskusi
4.
Guru memberikan
pertanyaan pada kelompok untuk mendiskusikannya
5.
Guru
memerintahkan mempresentasikan hasil diskusi didapan kelas
|
1.
Peserta didik
menjawab pertanyaan guru
2.
Peserta didik
memperhatikan penjelasan Guru
3.
Peserta didik
membentuk kelompok
4.
kelompok
memikirkan jawaban dari pertanyaan guru dan berdiskusi
5.
peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi
|
15
menit
|
Akhir
|
1.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang
belum jelas sesuai dengan tema bahasan.
2.
Guru memotivasi
peserta didik untuk terus belajar
3.
Setelah
selesai guru meminta peserta didik untuk menyampaikan gagasannya
4.
Guru memimpin
doa penutup
5.
Guru memberi
salam penutup
|
1.
Peserta didik
menanyakan hal yang belum jelas
2.
Peserta didik
memperhatikan guru
3.
Peserta didik
menyampaikan gagasannya
4.
Peserta didik
berdoa
5.
Peserta didik
menjawab salam
|
3
menit
|
IX.
Media/Alat
1.
Laptop
2.
LCD
3.
Board
Marker
4.
White
Board
X.
Sumber Belajar
1. Hasan, Ibrahim
Hasan, 1989. Sejarah Kebudayaan Islam, Yogyakarta:
2. Melvin L. Silberman, 2006. Active Learnning 101 Cara Belajar siswa
Aktif, Bandung : Nusa Media
XI.
Penilaian
1.
Teknik : Tertulis
2.
Bentuk : Essay
3.
Instrumen : a. Sebutkan tokoh ilmuan
muslim pada masa dinasti mughal!
b.
Jelaskan peran ilmuan muslim pada masa dinasti mughal!
c.
Jelaskan hikmah dari perkembangan
kebudayaan islam pada masa dinasti mughal!
Yogyakarta,
18
Desember 2012
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Dr.
Muqowim, M. Ag Aria
Supriyadi
NIP: NIM:10411065
LAMPIRAN
A.
Materi
1.
Shahab-ud-din Muhammad Shah Jahan I
Lengkapnya : Al-Sultan
al-'Azam wal Khaqan al-Mukarram, Abu'l-Muzaffar Shihab ud-din Muhammad,
Sahib-i-Qiran-i-Sani, Shah Jahan I Padshah Ghazi Zillu'llah [Firdaus-Ashiyani])
(dilafalkan: Shah Jehan, Shahjehan. Urdu: شاه جہاں)
(lahir 5 Januari 1592 – meninggal 2 Januari 1666 pada umur 73 tahun. Adalah
seorang raja ke-5 dari DinastiMogul di India. Syah Jehan memerintah antara
tahun 1627-1658. Atas perintahnya dibangunlah mausoleoum Taj Mahal yang
merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia di Agra demi mengenang
permaisurinya yang bernama Arjuman Banu Begum atau Mumtaz Mahal. Nama kecil Syah Jehan adalah Khurram.
Pada masa Shah Jehan didirikan sebuah
perguruan tinggi di Delhi. Di bidang ilmu agama berhasil dikodifikasikan hukum
Islam yang dikenal dengan sebutan fatawa I Alamgiri. Selain hal itu, banyak
juga dibangun sekolah-sekolah atau madrasah pada masa ini, disertai dengan
corak sekolah yang berbeda, baik dikarenakan perbedaan mazhab maupun disebabkan
kekhususan ilmu, Seperti madrasah Rahimiyah di Deobond dengan mata kuliah pokok
tafsir, hadis dan fiqih. Selain itu dibangun juga perpustakaan, seperti di Agra
yang pada tahun 1641 telah memiliki 24.000 buku.
2.
Ilmu kedokteran
Dokter-dokter pengarang besar abad 17 pada
masa Mughal India adalah Dara Shukuh yang mengarang kedokteran Dara Shukuh, yang
merupakan ensiklopedi medis besar terakhir dalam Islam. Ia juga dikenal sebagai
seorang sufi.
Ilmu medis Islam terus berkembang di India sepanjang abad 12 H/ 18 M,
seperti skala kedokteran yang dibuat oleh Muhammad Akbar Syah Arzani dari
Shiraz. Dengan kehadirannya ilmu medis India/ Islam yang merupakan ilmu medis
yang berbentuk filosofi medis ( memakai pendekatan kepada Allah) hidup bersaing
dengan ilmu medis modern Eropa. Di samping banyak madrasah dan ulama lahir pula
Mausu’at dan Majmu’at ( Buku kumpulan berbagai ilmu dan masalah, seperti
ensiklopedi).
3.
Malik
Muhammad Jayasi
(1477-1542) adalah seorang penyair India
yang menulis dalam dialek Avadhi Hindi.
Dia
berasal dari Jais, saat sebuah kota di distrik Bareli Rae di negara bagian
India Uttar Pradesh. Setelah kehilangan putranya dalam suatu kecelakaan, ia
meninggalkan kehidupan rumah dan beralih ke mistisisme Sufi, yang banyak
terinspirasi dari karya-karyanya. Meskipun makamnya terletak di tempat 3 km
sebelah utara dari Ram Nagar, dekat Amethi
4.
Bidang sastra
Banyak karya sastra yang digubah dari bahasa
Persia ke bahasa India. Pada masa Akbar berkembang bahasa Urdu, yang merupakan
perpaduan antara bahasa Persia dan Hindi asli. Bahasa Urdu pernah dijadikan
bahasa ilmu pengetahuan diantaranya karangan Ikhwanus Shofa di salin ke dalam
bahasa Urdu oleh Ikrom Ali. Bahasa Urdu ini kemudian banyak dipakai di India
dan Pakistan sekarang
Peran tokoh ilmuan
muslim pada masa dinasti mughal adalah memajukan dan mengembangkan peradaban muslim pada masa
dinasti mughal, dengan mengembangkan
ilmu pada bidang : Pendidikan
dan Pengetahuan, sejarah,
kedokteran, satra, bahasa.
B. Soal
a.
Malik
Muhammad Jayasi seorang ilmuan muslim
yang ahli pada bidang apa?
b.
Sebutkan karya Shah Jahan yang paling terkenal?
c.
Siapakah nama istri yang sangat dicintai oleh Shah Jahan?
d.
Siapakah orang yang menggunakan filosofi medis?
e.
Apa itu bahasa Urdu?
C. Tugas
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Soal
|
a.
Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
b.
Siswa
dapat menjelaskan peran tokoh ilmuan muslim pada masa dinasti mughal.
c.
Siswa
dapat menjelaskan hikmah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa dinasti mughal.
|
Tes Tulis
|
Jawaban Singkat
|
1. Sebutkan tokoh ilmuan muslim pada masa dinasti mughal!
2. Jelaskan peran ilmuan muslim pada masa dinasti mughal!
3. Jelaskan hikmah dari perkembangan kebudayaan
islam pada masa
dinasti mughal!
|
D. Jawaban dan
Skoring
1. Jawaban Quiz
Jawaban
|
Skor
|
a. Syair dan sastra
b. Masjid
taj Mahal
c. Arjuman Banu Begum atau
Mumtaz
d. Muhammad Akbar Syah Arzani
e. merupakan perpaduan antara
bahasa Persia dan Hindi asli.
|
100
100
100
100
100
|
Jumlah
|
500
|
2. Tugas
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Muhammad Shah Jahan, Dara Shukuh, Muhammad Akbar Syah Arzani, Malik Muhammad
Jayasi,
|
Jika benar: 35
Jika kurang tepat: 20
Jika salah: 10
|
2
|
Para Ilmuan muslim berperan memajukan dan mengembangkan peradaban
muslim pada masa dinasti mughal, dengan mengembangkan ilmu pada bidang, pendidikan dan pengetahuan, sejarah, kedokteran, satra, bahasa.
|
Jika benar: 35
Jika kurang tepat: 20
Jika salah: 10
|
3
|
Perkembangan dan kemajuan
suatu bangsa tidak dipengaruhi oleh banyaknya penduduk dan jumlah harta,
melainkan banyaknya ilmuan atau cendekiawan dari suatu bangsa. Oleh karena
itu menuntut ilmu hukumnya wajib bagi seorang muslim.
|
Jika benar semua: 30
Jika kurang tepat:15
Jika salah: 10
|
Jumlah
|
100
|
E. Non Tes
Karakter
No
|
Nama
|
Karakter
|
Skor
|
|
Kerjasama
|
Tanggung Jawab
|
|||
1
| ||||
Jumlah
|
F. Gambar
Shah Jahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar